Tips Manajemen Waktu

Monday, March 30, 2009 |

Pernahkah Anda merasa waktu yang ada tak pernah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan? Jika ya, berarti Anda kurang baik dalam mengatur waktu. Dalam dunia kerja, pengaturan waktu yang baik sangat penting dan berikut beberapa caranya.

Hemat Waktu

Ada ungkapan yang mengatakan 'bekerja cerdas, bukan bekerja keras'. Ungkapan ini benar adanya, Anda bisa menghemat waktu dengan mengerjakan pekarjaan sekaligus. Misalnya Anda membagi satu jam untuk mendelegasikan tugas, memprioritaskan pekerjaan dan mengerjakan tugas.

Buatlah daftar pekerjaan dari yang terpenting untuk dilaksanakan dalam satu hari, satu minggu dan satu bulan. Dengan perencanaan yang baik, Anda hanya tinggal mengerjakan saja. Selain itu Anda juga bisa mendelegasikan tugas melalui telepon selama pergi ke kantor.

Investasi Waktu

Anda mungkin bisa mengatur jadwal untuk bertemu klien dalam satu hari, bukan dalam beberapa hari tapi hanya beberapa jam saja. Jadi Anda bisa menginvestasikan waktu yang tadinya digunakan untuk bertemu klien dialihkan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Anggarkan Waktu

Jika dalam uang dikenal dengan anggaran, maka untuk waktu dikenal dengan jadwal. Anda bisa membuat jadwal dengan kertas warna-warni seprti saat sekolah dulu. Misalnya warna merah untuk janjio penting, warna biru untuk tak terlalu penting dan putih untuk bersantai.

Temukan Ekstra Waktu

Sat ada klien yang membatalkan janji pertemuan atau rapat yang telah direncanakan, itu artinya Anda memiliki waktu ekstra. Isilah waktu-waktu ini dengan mengerjakan tugas-tugas yang belum selesai.

sumber : mediaindonesia.com

1 comments:

CareerBuilder.co.id said...

Harus pinter-pinter atur waktu biar kerjaan kelar tepat pada waktu nya.

Post a Comment